Berlangganan

CONTOH ATAU CARA PENULISAN BAB I DALAM SKRIPSI YANG BAIK DAN BENAR

BAB I
PENDAHULUAN
  CONTOH ATAU CARA PENULISAN BAB I DALAM SKRIPSI YANG BAIK DAN BENAR
1.1    Latar Belakang Masalah
Penguasaan lebih dari satu bahasa telah menjadi aspek yang sangat penting dengan berkembangnya jaman. Sebagai bangsa yang akan memasuki era globalisasi dan Free Trade Era maka tuntutan untuk menguasai bahasa asing semakin tinggi. Bahasa Inggris sebagai bahasa dunia telah menjadi bahasa yang wajib untuk dikuasai setiap orang agar dapat mengikuti perkembangan jaman tersebut. Bahasa Inggris tidak hanya digunakan sebagai bahasa pengantar dalam dunia bisnis tetapi juga dalam dunia pendidikan.
 
1.2    Fokus Penelitian
Bahasa itu sangat kompleks dan universal, terdiri dari komponen-komponen yang satu sama lain berkaitan erat. Sesuai dengan latar belakang di atas penelitian ini difokuskan pada kesulitan siswa pada aspek berbicara dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD. Aspek keterampilan berbicara sekurang-kurangnya memiliki lima komponen pendukung diantaranya; comprehension, grammar, vocabulary, pronunciation, and fluency. Untuk menghindari analisis penelitian yang dangkal maka penulis memusatkan penelitian terhadap pronunciation dan grammar.
1.3    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.      Apa saja jenis kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris?
2.      Apa faktor penyebab kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris?
3.      Bagaimana upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris?
1.4    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Mendeskripsikan jenis kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris
2.      Mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris
3.      Mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris.
1.5    Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini, yaitu :
1.      Penelitian ini dapat dijadikan sebagai penelitian dasar untuk penelitian lain dalam peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di SD
2.      Sebagai bahan rujukan bagi guru untuk mengatasi kesulitan siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris.

1.6    Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif studi kasus dengan menguraikan kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris di SDN Galunggung, faktor penyebab kesulitan, dan upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut. Hasil data yang diperoleh akan diuraikan secara naratif atau deskriptif sebagai salah satu faktor yang menonjol dari penelitian yang menggunakan metode kualitatif.
1.7    Sistematika Penulisan
Susunan penulisan penelitian ini berdasarkan pengelompokan pokok-pokok pikiran yang tercantum dalam bab-bab sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas tentang latar belakang masalah, fokus, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini akan mengungkapkan landasan-landasan teori yang digunakan dan menjadi acuan bagi penulis dalam menyusun skripsi. Selain itu diuraikan pula mengenai buku-buku yang relevan dan berhubungan untuk pembahasan masalah yang dikaji dalam skripsi ini.
BAB III METODE PENELITIAN
Bab ini menjelaskan kegiatan serta cara-cara yang penulis tempuh dalam melakukan penelitian guna mendapatkan sumber-sumber yang berhubungan dengan permasalahan yang dikaji.
BAB IV HASIL DAN ANALISIS DATA PENELITIAN
Bab ini menguraikan hal-hal yang berhubungan dengan seluruh hasil penelitian yang diperoleh penulis. Di dalamnya berisi tentang analisis dan pemecahan masalah yang dikaji dalam skripsi ini.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini akan dikemukakan kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan beserta saran untuk masalah dalam penelitian ini.
 
sumber : blog.inigarut