Berlangganan

TIPS MENYUSUN SKRIPSI


PENGERTIAN SKRIPSI
Menurut kamus besar bahasa Indonesia skripsi adalah karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan pendidikan akademis. Secara sederhana, skripsi adalah tugas akhir mahasiswa S1 dalam bentuk karya ilmiah berdasarkan hasil studi kepustakaan atau pun hasil penelitian lapangan sebagai syarat memperoleh gelar sarjana strata satu. Skripsi inilah yang juga menjadi salah satu pembedaan antara jenjang pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3).

KARAKTERISTIK SKRIPSI
Skripsi yang disusun oleh mahasiswa harus memiliki karakteristik orsional atau hasil karya asli mahasiswa yang bersangkutan, bukan jiplakan karya orang lain baik sebagaian ataupun keseluruhan. Penyusunan skripsi harus sesuai bidang kehalian, jika ia adalah bidang teologi maka membahas tentang teologi dll.

PERSIAPAN NONTEKNIS PENYUSUSNAN SKRIPSI
Perlu dipahami bahwa ada banyak mahasiswa saat kuliah ia memiliki skil dengan mencapai IPK 3,50, namun ketika mengerjakan skripsi memiliki nilai yang rendah.  Sebaliknya ada sebagaian mahasiswa yang memiliki kemampuan pas-pasan, baik IPK mereka di bawah 3,00, tetapi nilai skripsi mereka tinggi.

Persiapan dalam menyususn skripsi adalah :
  •     Menguatkan mental spritual sebelum menyusun skripsi.
  •     Mohon dukungan dari orang-orang dekat, seperti teman-teman akrab, pacar, orang tua, saudara-saudara, teman kerja dan atasan dll.

    Jadwal paten maksudnya ialah menulis jadwal diselembar kertas, lalu tempelkan di kamar anda. Seperti jadwal : tidur malam, bangun pagi, berkujung di perpustakaan, waktu menulis skripsi mungkin 3 jam dlm sehari, mempunyai target penyususnan skripsi sampai ujian skripsi.

    Bersikap mandiri maksudnya ialah tidak boleh hanya mengandalkan dosen pembimbing, konsultan skripsi, teman dan yg lain, krn dosen pembimbing juga punya kesibukan atau jadwal pelayanan.

    Sabar dan tidak mudah putus asa. Sebab masa2 penyususnan skripsi adalah masa2 pengujian kesabaran.
    Menghindari kecurangan, maksudnya ialah bila ada tindakan kecurangan di ketahui oleh pihak kampus atau pihak ketiga yang melaporkan, maka harus siap menerima sanksi. Misalnya, menyusun skripsi ulang, pencabutan gelar kesarjanaan, ataupun dlm bentuk sanksi moril.

    Biaya yang cukup, maksudnya dpt memperhitungkan biaya yg di perlukan seperti biaya transportasi penelitian lapangan, biaya daftar ujian skripsi, fotokopy dan print out, penjilidan skripsi, akses internet dll.

    Mempersiapkan skripsi sebelum smester VII.
    Memilih tema skripsi yang menarik.
    Berkaca pada seminar proposal dan ujian skripsi orang lain
    Berdoa artinya keberhasilan juga dipengaruhi oleh campur tangan Tuhan, bukan semata-mata karena jeri payah dan kecerdasan dalam bekerja.

SENI MENGGUNAKAN BAHASA DALAM SKRIPSI
Hal yang dipersiapkan dalam penyususnan skripsi adalah penguasa bahasa yang baku dalam skripsi. Hal ini bertujuan membuat para pembaca mengerti tentang sesuatu yang dijelaskan melalui bahasa-bahasa yang disampaikan.

Penyususnan skripsi menggunakan kosa kata yang ilmiah. Kesalahan Umum Pemakaian Bahasa Dalam Skripsi

    Kalimat yang ditulis terlalu panjang, mulai dari awal kata hingga titik. Akibatnya uraian menjadi monoton, bahkan tidak bisa dipahami karena tidak jelas antara objek dan perdikat. Ini dapat disebabkan krn penggunaan kata : dan, karena, yang, tetapi, maka, dll.

    Kalimat yang ditulis terlalu banyak menggunakan kata-kata puitis layaknya sebuah puitis.
    Kesalahan dalam penggunaan tanda baca, yaitu terlalu banyak menggunakan tanda koma dll.
    Kesalahan dalam menulis istilah asing.

Dalam hal ini, harus tau bahwa ada istilah asing yang sudah dimodifikasi ke dalam istilah bahsa indonesia, namun ada juga istilah asing yang memang ditulis seperti itu (tdk bsa di terjemahkan kedalam bahasa indonesia.
Istilah bahasa asing yang tidak pantas digunakan dalam skripsi, misalnya clear. Contoh kalimat “permasalahan dalam skripsi harus dibahas dengan tuntas agar clear.

SENI MENCARI INSPIRASI DAN IDE TEMA SKRIPSI
Mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang ditemui sendiri.
Banyak membaca buku-buku yang berkaitan studi yang dijalani di kampus, dan juga dapat membaca informasi melalui media massa. Banyak membaca karya tulis ilmiah seperti skripsi. Contoh membaca judul skripsi orang lain tentang, “Respons Para Dosen UGM Terhadap Kegiatan Kemahasiswaan di Lingkungan Kampus” hal ini bisa muncul inspirasi  utk menemukan tema atau judul skripsi dengan mengatakan “Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Gegiatan Organisasi Kampus Terhadap Hasil Belajar”

Memperdayakan Internet, hal ini dapat muncul ide tema skripsi jika sering mengakses situs-situs yang berhubungan jurusan anda. Berjalan-jalan, sebab berjalan-jalan dapat menemukan inspirasi mungkin ketemu dgn teman, kemudian bertujuan agar tidak merasa jenuh menyendiri di kamar.

Percaya diri, maksudnya harus percaya diri atas sesuatu inspirasi yang sudah di temukan. Berimanjinasi, maksusdnya berimajinasi dari persoalan yang ditemukan. Tapi hati-hati jangan sampai anda melamun ataupu terlarut dalam lamunan yang tidak menentu.

PERLU DIKETAHUI PERBEDAAN MELAMUN DAN BERIMANJINASI.
Melamun adalah :kerja pikiran yang mengingat kembali sesuatu yang telah berlalu. Secara teoritis, melamun lebih banyak membayangkan kisah sedih dari pada kisah kebahagiaan.
Sementara imajinasi adalah : kekuatan atau proses menghasilkan citra mental dan ide. Pengalaman pribadi, maksudnya mungkin selama kuliah pernah magang atau praktek lapangan, mungkin ada suatu persoalan yang perlu di kaji di tempat anda magang/praktek.
Kemudian Olahraga, bertujuan sebagai terapi yang dapat menghilangkan kebuntuan berpikir dan penghilang stres. Bila stres menghilang dan pikiran tidak buntun, ide cemerlangpun muncul.

SENI MENYUSUN PROPOSAL SKRIPSI
Semua perguruan tinggi mewajibkan mahasiswa untuk menyusun proposal skripsi sebelum melakukan penelitian, baik penelitian lapangan maupun kepustakaan. Menulis proposal skripsi memang dapat dikatakan gampang-gampang sulit. Dikatakan sulit bila tidak mengetahui cara penulisan skripsi, dan  dikatakan gampang jika mengetahui cara menulis proposal skripsi. Beberapa cara menulis proposal skripsi yang baik, benar, cepat, dan tidak membutuhkan waktu lama yaitu :

Percaya Diri
Percaya diri sangatlah penting, karena menyusun proposal skripsi bagi para mahasiswa S1 sebagai sarana latihan pertama kali dalam menyusun karya ilmiah secara serius. Dengan kepercayaan diri janganlah takut salah dalam penulisan proposal skripsi. Bila anda dihantui perasaan takut salah, maka tidak akan pernah bisa memulai menyusun skripsi.

Mengikuti Saran Dosen Pembimbing
Agar penyusunan proposal skripsi lancar, hendaknya mengikuti saran dosen pembimbing, sehingga jika menemukan suatu kesulitan dalam penyusunan proposal skripsi dapat dikonsultasi kepada dosen pembimbing.

Merujuk Pada Proposal Sebelumnya
Penulisan Proposal skripsi dapat di konsultasi kepada dosen pembimbing bila proposal skripsi sudah jadi, artinya kita menulis Proposal tanpa bantuan dari dosen pembimbing terlebih dahulu.
Maka untuk mempermudahkan penulisan proposal skripsi, dapat melihat skripsi kakak tingkat yang telah lulus skripsi. Sebab sebagai manapun selalu ada kesamaan sisitematika penulisan propsal skripsi.

Memperhatikan Waktu Dan Biaya
Jika mahasiswa menulis proposal skripsi asal-asalan tanpa memperhatikan faktor biaya dan waktu, biasanya ia akan mengalami kesulitan dan hambatan di tengah jalan. Maka penulis proposal skripsi perlu mempertimbangkan atau memilih jenis penelitian, jika memilih penelitian kepustakaan perhitungkan biaya dan jika memilih penelitian lapangan juga perhitungkan biaya.

Penegasan Ide Pada Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya banyak mahasiswa tidak mengerti arti latar belakang masalah dalam proposal skripsi. Tetapi, pada prinsipnya dalam latar belakang masalah, harus bisa menggambarkan sebuah pertanyaan mengenai tujuan penelitian, pentingnya penelitian, serta gegunaan penelitian, atau dalam latar belakang masalah harus dapat meyakinkan bahwa ada sebuah persoalan. Dalam penulisan proposal skripsi hanya berjumlah 1-5 halaman, lebih dari itu latar belakang masalah menjadi tidak jelas dan tidak menggambarkan artinya penelitian.

Proposal Skripsi Mengasah Skill
Menyusun proposal skripsi tidak sekedar formalitas. Tetapi proposal skripsi itu juga untuk peneitian yang dapat mengasah skill yang berguna untuk mendapatkan setelah lulus S1 atau SARJANA.

Mengikuti Sistematika Proposal Skripsi
Dalam penulisan proposal skripsi, tentu saja tidak dapat menulis secara bebas tanpa memperhatikan sistematika penulisan proposal. Sistematika penulisan proposal skripsi dapat disesuaikan sistematika yang berlaku di lembaga perguruan tinggi.

Contoh sistematika Proposal skripsi adalah :
  • Latar Belakang Masalah
  • Identifikasih Masalah
  • Batasan Masalah
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan Penelitian
  • Manfaat Penelitian
  • Metode Penelitian
  • Jenis Penelitian
  • Model Penelitian
  • Populasi Dan Sampel
  • Tehnik Pengumpulan Data
  • Tehnik Pengolahan Dan Analisa Data
  •                         Aspek Teoritis
  •                         Aspek Praktis
  • Sistematika  Penulisan

SENI MENGHADAPI UJIAN SKRIPSI
MENGHADAPI UJIAN SKRIPSI BUKAN SESUATU YANG GAMPANG


Menghadapi ujian skripsi bisa membuat setiap mahasiswa sangat cemas dan gugup. Sebab dalam ujian skripsi akan dimintai pertanggung jawaban mengenai skripsi yang disusun.

Teknik Dalam Menghadapi Ujian Skripsi

Persiapan dalam mengikuti ujian skripsi yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
  •     Bersikap natural dan tidak memaksakan diri. Maksudnya, jangan memaksakan diri untuk mengikuti ujian skripsi, pada hal sebenarnya belum siap, baik secara mental maupun penguasaan materi skripsi yang disusun. Kemudian jangan hanya ingin cepat lulus dan bergelar S1 atau SARJANA lalu memaksa diri untuk mendaftar ujian skripsi.
  •     Sebelum mengikuti ujian skripsi, pastikan telah membuat ringkasan skripsi. Artinya tulislah bagian terpentingnya, sehingga memudahkan dalam menjawab pertanyaan dari para penguji.
  •     Pastikan telah mempersiapkan hal-hal yang harus dibawa saat ujian skripsi. Maksudnya, persiapan seperti : Buku-buku, sumber rujukan skripsi, laptop, lampiran-lampiran, hasil wawancara, alat peraga dll.
  •     Usahakan datang lebih awal dari pada para penguji dan dosen pembimbing keruang sidang ujian skripsi.
  •     Buanglah rasa takut terhadap para penguji. Artinya walaupun mereka bergelar Doktor bahkan profesor sekalipun, tetap yakin dan percaya bahwa bisa melewati ujian skripsi dengan baik.
  •     Pastikan bahwa minimal selama 3 hari atau lebih telah membaca keseluruhan skripsi berulang-ulang.
  •     Pastikan telah mengoreksi ulang skripsi secara keseluruhan. Seperti penggunaan tanda baca, serta kata-kata mungkin  ada yang kurang atau penyusunan kalimat sudah tertata rapi dan benar sehingga benar-benar anda telah siap untuk disidangkan di meja hijau.
  •     Jebakan yang sering kali di manfaatkan oleh dosen penguji skripsi adalah tata cara penulisan skripsi dan penggunaan penulisan istila-istilah bahasa asing.
  •     Yakini bahwa dalam ujian skripsi tidak sendiri. Artinya, ada dosen pembimbing skripsi yang menemani anda. Jadi bila anda gagal, tentu dosen pembimbing akan merasa malu karena dianggap gagal membimbing anda. Maka yakinilah bahwa dosen pembimbing akan membantu Anda.
  •     Setiap pertanyaan yang di berikan oleh dosen penguji jangan sering membuka skripsi. Artinya jika sering membuka skripsi dalam setiap pertanyaan yang diberikan oleh dosen pembimbing  akan menjadi kaku dalam menjawab pertanyaan tersebut.
  •     Pastikan pada malam hari sebelum ujian skripsi, sudah beristrahat dengan cukup. Artinya, jangan begadang pada malam hari sebelum ujian skripsi, karena akan membuat anda merasa letih dalam ujian skripsi. Kemudian jaga stamina tetap kuat, pastikan sudah makan terlebih dahulu sebelum ujian skripsi berlangsung.
  •     Memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa  sebelum ujian skripsi. Artinya, ingatlah bawa dalam setiap tindakan apa pun bentuknya, campur tangan Tuhan tetap ada. Jangan lupa juga lupa, mintalah doa restu kepada kedua orang tua atau teman-teman Anda.
  •     Sebelum memasuki ruang ujian skripsi pastikan sudah pernah berlatih memprestasikan skripsi, minimal berlatih selama 15-20 menit.
  •     Saat masuk ruang ujian skripsi harus tersenyum. Artinya, ketika tersenyum pada saat masuk keruang sidang skripsi dapat menghilangkan rasa grogi, dan rasa gugup.
  •     Dosen penguji jangan anggap sebagai musuh. Artinya, saat masuk diruang ujian skripsi bersikap baiklah terhadap mereka, sehingga mentalitas tetap terjaga
  •     Memberi hormat kepada dosen penguji. Artinya, pada masuk ruang penguji skripsi berikanlah salam kepada para dosen penguji.
  •     Jangan duduk terlebih dahulu sebelum dosen penhuji mepersilakan duduk di tempat yang sudah disediakan.
  •     Saat mempresentasikan skripsi usahakan benar-benar menggunakan bahasa yang tegas dan jelas apa yang disampaikan, dan jangan terburu-buru ketika presentasi.
  •     menjawab pertanyaan para dosen penguji skripsi sesuai yang tercantum di dalam skripsi.
  •     Bila para dosen penguji mengomentari skripsi dan memberi saran, ucapkanlah terimakasih.
  •     Bersikap pstif. Artinya , jangan sampai mempertahankan suatu pendapat, padahal sebenarnya salah.
  •     Pertahankan argumentasi yang memang yakin benar sesuai data dan fakta yang diperoleh dalam penelitian. Sebab seringkali dosen pengujui menilai apakah benar-benar melakukan penelitian atau tidak, sehingga yang menjadi tolak ukur adalah data.
  •     Mempertahankan argumentasi jangan sampai emosional, atau nada tinggi. Sebab, sikap demikian akan mengundang rasa tidak nyaman antara anda dan dosen penguji.
  •     Bertanya terlebih dahulu tentang pola pikir para dosen penguji skripsi kepada kakak-kakak tingkat agar bisa membaca arah pikiran mereka.
  •     Ketika ujian sedang berlangsung, pastikan handphone (HP) sedang dalam keadaan off.
  •     Setiap pertanyaan yang di jawab, tetapi menurut dosen penguji salah, sebaiknya mengalah saja. Artinya, jika kita tetap mempertahankan argumen, tetapi dosen penguji mempertahankan juga argumennnya maka hal ini bisa menjadi pertengkaran di ruang ujian skripsi, maka sebaiknya mengalah saja.
  •     Jika saat pertengahan presentasi lupa tentang materi yang ingin disampaikan, sebaiknya tetap tenang, santai dan jangan grogi.
sumber sarofamati