Berlangganan

Pengertian Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning)

Pengertian Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) |    Dalam suatu pembelajaran, pendekatan memang bukan segala- galanya. Masih banyak faktor-faktor lain yang menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Faktor-faktor tersebut antara lain kurikulum yang menjadi dasarnya, program pengajaran, kualitas guru, materi pelajaran, strategi pembelajaran, sumber belajar, dan teknik/bentuk penilaian. Jadi,pendekatan hanyalah salah satu faktor saja dari sekian banyak faktor yang perlu mendapat perhatian dalam keseluruhan pengelolaan pembelajaran.20

        Pendekatan CTL merupakan konsep belajar yang beranggapan bahwa siswa akan belajar lebih baik apabila lingkungan diciptakan secara alamiah, artinya belajar akan lebih bermakna jika siswa “bekerja” dan “mengalami” sendiri apa yang dipelajarinya, bukan sekedar “mengetahuinya”. Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi bagaimana siswa mampu memaknai apa yang dipelajari itu. Oleh karena itu, strategi pembelajaran lebih utama dari sekedar hasil. Dalam hal ini siswa perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya, dan bagaimana mencapainya. Mereka menyadari bahwa apa yang dipelajari akan berguna bagi hidupnya kelak. Dengan demikian, mereka akan belajar lebih semangat dan penuh kesadaran.21

         Ketika para siswa menemukan makna di dalam pelajaran mereka, mereka akan belajar dan ingat apa yang mereka pelajari. Tujuan utama CTL adalah :

    membantu para siswa dengan cara yang tepat untuk mengaitkan makna pada pelajaran akademik mereka, sehingga siswa mampu menghubungkan isi dari subjek-subjek akademik dengan konteks kehidupan keseharian mereka untuk menemukan makna.
    Materi pelajaran akan tambah berarti jika siswa mempelajari materi pelajaran yang disajikan melalui konteks kehidupan mereka, dan menemukan arti di dalam proses pembelajarannya, sehingga pembelajaran akan menjadi lebih berarti dan menyenangkan.
    Siswa akan mencapai tujuan pembelajaran, mereka menggunakan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya untuk membangun pengetahuan baru.
    Dan selanjutnya, siswa memanfaatkan kembali pemahaman pengetahuan dan kemampuannya itu

Dalam berbagai konteks diluar sekolah untuk menyelesaikan masalah dunia nyata yang kompleks, baik secara mandiri maupun dengan berbagai jenis kombinasi dan struktur kelompok. 
sumber : skripsi-tarbiyahpai